Kamis, 13 September 2012

Posisi Dasar Pada Form Visual Basic

Diposting oleh Carita Digna & Arsy di 10.32
Sebenarnya sudah 3 hari yang lalu saya belum memosting apapun di blog. Sekarang saya akan menjelaskan posisi-posisi awal pada form. Karena project yang saya buat ini tidak  membutuhkan koneksi, jadi langsung saja saya memulai desain interface di form. Pertama saya membuat label yang berisi : id, nama, dan alamat. Textbox 3 buah dan tambahkan command/isbutton sebanyak 7 : Add, Save,Batal Edit, Delete, Keluar, Print. Namenya sudah saya ganti.
Tombol Add = cmdad
Tombol Save = cmdsave
Tombol Batal = cmdbatal
Tombol Edit = cmdedit
Tombol Delete = cmddelete
Tombol Keluar = cmdkeluar
Tombol Print = cmdprint
Tombol-tombol ini belum diberi script sama sekali (koneksi).
Disini saya buat 3 posisi .
Posisi awal, posisi add, posisi koreksi

Posisi awal seperti ini desainnya :

Seperti dilihat diatas, tombol save dan batal tidak bisa di klik. Itu hanya pengaturan enable saja. 
Alurnya waktu kita tekan tombol add, ada perbuahan enable dari tombol. 
kita buat saja :

Sub posisiawal ( )  posisiawal menyimbolkan keadaan 
Call controlactive(True) sub 
cmdadd.Enabled = True
cmdedit.Enabled = True
cmdsave.Enabled = False
cmddelete.Enabled = True
cmdbatal.Enabled = False
cmdkeluar.Enabled = True
cmdprint.Enabled = True
ListView1.Enabled = True
End sub


Pada saat posisi add, yang tergambar adalah seperti gambar berikut :




Sub posisiadd()
Call controlactive(True) sub
cmdsave.Enabled = True
cmdadd.Enabled = False
cmdedit.Enabled = False
cmddelete.Enabled = False
cmdbatal.Enabled = True
cmdkeluar.Enabled = False
cmdprint.Enabled = False
Call clear
End Sub

Pada waktu koreksi/edit begini tampilannya :



Sub posisikoreksi()
Call controlactive(False) sub
cmdsave.Enabled = True
cmdadd.Enabled = False
cmdedit.Enabled = False
cmddelete.Enabled = False
cmdbatal.Enabled = True
cmdkeluar.Enabled = False
cmdprint.Enabled = False
End Sub

Sekarang saya buat sub untuk mengosongkan textbox


Sub clear()
txtid.Text = ""
txtnama.Text = ""
txtalamat.Text = ""
End Sub

Fungsinya untuk mengosongkan text otomatis setelah menyimpan data.

Sekarang saya membuat sub aktivasi "True" "False" , saya beri nama sub controlactive ( ) Boolean ini type data untuk perulangan. Agar singkat, saya buat sub ini. Waktu sub ini diletakkan di tombol, tambahkan enable "true"
atau "false"


Sub controlactive(x As Boolean)
txtid.Enabled = x
txtnama.Enabled = x
txtalamat.Enabled = x
End Sub

Nah setelah ini saya membuat fungsi yang bertujuan untuk memberi tahu apa ada text yang kosong dan diarahkan kursornya ke dalam textbox yang memang belum diisi.


Function cek_kosong() As Boolean
If txtnama.Text = "" And txtid.Text = "" And txtalamat.Text = "" Then
MsgBox ("waduh .. Isi dulu dong !")
txtid.SetFocus
cek_kosong = True

ElseIf txtid = "" And txtnama = "" Then
MsgBox ("id dan nama belum diisi !")
txtid.SetFocus
cek_kosong = True

ElseIf txtnama = "" And txtalamat = "" Then
MsgBox ("Nama dan alamat belum diisi")
txtnama.SetFocus
cek_kosong = True

ElseIf txtid.Text = "" And txtalamat = "" Then
MsgBox ("id dan alamat belum diisi")
txtid.SetFocus
cek_kosong = True

Else
If txtid.Text = "" Then
MsgBox ("ID tidak boleh kosong!!")
txtid.SetFocus
cek_kosong = True
ElseIf txtnama.Text = "" Then
MsgBox ("Nama belum diisi, isi dahulu!")
txtnama.SetFocus
cek_kosong = True
ElseIf txtalamat.Text = "" Then
MsgBox ("Alamat kosong, isi dahulu")
txtalamat.SetFocus
cek_kosong = True
Else
cek_kosong = False
End If
End If
End Function


Setelah semua sub dan function telah di buat, tinggal Call saja di commandnya ..
Semoga Bermanfaat ^_^v


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog dari Digna Sevira~ Copyright © 2012 Design by Digna Sevira Vinte e poucos