Kamis, 13 September 2012

Es Kering, Apa itu ?

Diposting oleh Carita Digna & Arsy di 14.29


PERNAH lihat bagaimana orang men”dinginkan” makanan dalam satu kotak, tapi es yang digunakan seperti lebih “berasap”? atau pernah melihat aksi panggung dengan kepulan asap yang “segar”? atau mungkin kamu pernah melihat bagaimana seculik “es” yang melesat ketika kamu lemparkan ke permukaan air?. Benda apakah itu? Apa kegunaannya? Dan berbahayakan bagi kamu?


Benda itu bernama es kering atau dry ice. Yaitu karbondioksida yang “dibeku-kan” sehingga bisa digunakan sebagai pengganti es batu. Es kering ini tidak “mencair” namun menguap menjadi gas, disebut juga me-NYUBLIM. Tidak seperti sewaktu kamu menggunakan es batu biasa, menggunakan es kering tidak akan menyebabkan wadah menjadi basah atau lembab.

Es kering memiliki temperatur  yg lebih rendah dari es biasa, yaitu  -79oC (yaitu 79 oC dibawah titik nol). Walaupun nitrogen cair memiliki temperatur yang lebih renah lagi, tapi nitrogen cair lebih repot untuk di bawa-bawa.

Es kering dibuat di pabrik yang khusus membuat itu, yaitu dengan cara “memasukkan” cairan karbondioksida ke ruangan yang bertekanan tinggi. Pada saat tekanan dikeluarkan, karbondioksida cair itu akan berubah menjadi butir-butir padat yang kemudian dibentuk menjadi dry ice alias eskering.

Dalam dunia panggung es kering yang di campur air akan membentuk asap dan kabut yang “mengalir” seperti air, yang memberi sensasi tersendiri.

Hati-hati jika kamu ingin menyentuh es kering, suhu yang dingin dapat “merusak” tangan kamu. Gunakan sarung tangan untuk memindahkannya. Juga pastikan kotak penyimpan es kering memiliki ventilasi udara. Karena karbondioksida yang “menguap” dari es kering itu jika terkumpul, dapat bersifar racun.
Ayo deh, cobalah bermain-main dengan es kering, pasti menyenangkan.
Sumber : koran indonesia 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog dari Digna Sevira~ Copyright © 2012 Design by Digna Sevira Vinte e poucos